Kamis, 22 Agustus 2019

Bumi Manusia

Sekiranya masih ada beberapa orang yg keukeuh mempertentangkan antara pribumi dan stranger, mungkin sedang merasa saja merekalah yang punya bumi.
.
Mereka ini pada puncaknya akan memproklamirkan streotipe dan discrimination atas nama apa saja yang menempatkan diri mereka kuasa atas mayoritasnya.
.
Di WA grup masih sering menemukan Stereotipe yg dengan melabeling, judge atau penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan.
.
Perlakuan kolonialisme plus priyayi super feodal seolah terus beringkarnasi di dalam pikiran orang-orang pintar. Kiblat kemajuan seolah harus mengarah pada world view tertentu yang pada akhirnya egoisme merekalah yang harus dimenangkan.
.
Nyai Ontosoroh adalah simbol perlawanan sebuah kaum yg dihadirkan oleh Pramodya Ananta Toer sebagai kutukan atas dominasi. Berpadu dgn Minke yang mewakili anak muda terpelajar yang ilmunya digunakan untuk membela kemanusiaan. Ia mengabaikan jabatan yang diperoleh dengan kecurangan, memilih menetap pada bumi manusia dan permasalahannya tanpa menuntut disebut pribumi.
.
Yah, bumi ini adalah bumi bagi manusia siapa saja. Tidak ada yang lebih berhak memilikinya. Ini adalah bumi kita bersama
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo bergabung disini.... boleh berkomentar... asal sopan dan intelek, humoris, serta dapat menambah wawasan dan persaudaraan