Selasa, 11 Desember 2018

Politik Keluarga dan Catatan Don Vito

: Ini adalah era visual, baik visual bergerak (video) maupun visual diam seperti picture atau foto. Hampir setiap moment dihari-hari ini selalu diabadikan dengan foto. Terutama dalam event pertemuan atau moment kebersamaan dg sahabat, idola maupun keluarga.

Apalagi di tahun politik ini. Foto-foto para kandidat senantiasa berseliweran di media sosial. Baik itu foto para caleg atau capres cawapres.
 *

Sudah sekitar seminggu ini, beranda facebook kerap disinggahi foto-foto keluarga. Foto keluarga yang lengkap dengan anak-anak kecil yang lucu-lucu. Awalnya saya kurang fokus foto-foto itu. Hingga pada akhirnya saya singgah di wall seorang teman. Ternyata foto2 itu adalah foto-foto keluarga presiden Joko Widodo dengan koreografi yang lebih santai.

Foto-foto itu diambil dengan engle yang datar dan horisontal. Nampak kebahagiaan keluarga nan harmonis tercurah dalam jepretan kamera. Tidak terkesan bahwa beliau ternyata seorang presiden.

Bagaimanapun, kemunculan Jokowi dengan keluarga bahagianya disaat sedang menjadi kandidat presiden adalah sebuah bentuk 'politik keluarga'. Ini strategi untuk menunjukkan bahwa “Keluarga adalah hal yang paling penting dalam hidup”. Seolah hendak mengirim pesan ke rivalnya Prabowo tentang quotes seorang Don Vito Corleone, ”A man who doesn’t spend time with his family can never be a real man.” Bahwa Pria yang tidak menghabiskan waktu bersama keluarganya tidak akan pernah bisa menjadi pria sejati.

Sinyal pentingnya power keluarga, juga disadari oleh Prabowo. Acapkali, ia tampil bersama Titi Soeharto, mantan istrinya. Akan tetapi mereka tidak pernah lengkap, sebab tidak pernah foto bersama dengan anaknya yang memang tinggal di luar negeri.

Pemilih Indonesia pada umumnya beranggapan bahwa  kepemimpinan yang hebat harus dimulai dari keluarga. Persis catatan Don Vito, ”the only wealth in this world is children, more than all the money, power on earth.” Atau satu-satunya kekayaan di dunia ini adalah anak-anak, lebih dari uang dan semua kekuatan di bumi.

Selanjutnya Vito dalam goodfather menyarankan untuk menghindari membenci apalagi perceraian. “Don’t go against your family”

 "Untuk Menang Pertarungan Kenali Lawanmu"

Akan tetapi, yang terpenting adalah tetap menjaga silaturahmi. Sebagaimana Jokowi dan Prabowo berkawan, usai pemilu mereka akan minum teh bersama atau naik kuda termahal di Hambalang. Bahkan mereka akan berangkulan dalam balutan bendera Merah Putih. Lagi-lagi Jokowi dan Prabowo berdamai. Don Vito Corleone:  _"This just politics, Nothing personal"_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo bergabung disini.... boleh berkomentar... asal sopan dan intelek, humoris, serta dapat menambah wawasan dan persaudaraan