Kamis, 06 Juni 2019

PEACE

:PEACE
.
Banyak komentar yang melenting deras dalam room statusku menunjukkan bahwa ada yang sedang marah, memaki dan sedang bermasalah dengan hati. Namun saya tak akan mengatakan bahwa dunia virtual sedang sakit sebab kitalah semua yang meletakkan sesuatu padanya.
.
Cobalah kita pintar bercanda sedikit atau mengurangi cara-cara dikotomi yang mengekang. Hilangkan kultus-kultus kecil yang mencoba berakar dalam diri kita. Dan tertawalah dengan lepas. Berdamailah hati dan pikiran kita. Peace.
.
Tibalah saatnya kita tidak menjadi orang yang hanya bisa membuat label antagonis dan kontradiktif. Berpikir rasional dikatakan sekuler. Berpandangan luas dianggap liberal. Pendeknya Hitam selalu dipasangkan dengan putih biar nampak kontras. Padahal hidup kita tidak akan indah jika tidak memiliki paduan warna-warni itu.
.
Dunia ini semakin kecil untuk kita saling memaki. Kita tidak sedang melakukan redefinisi tentang Tuhan dan Agama karena itu sudah diselesaikan oleh para nabi dan rasul yang terpilih. Tidak perlu lagi ada manusia milenial hari ini yang mencoba menjadi nabi. Biarkan orang memilih untuk menjadi umat yang mana saja.
.
Saudara, kita sedang berjalan pulang bersama menuju perjalanan akhir yang amat rahasia. Dan semua kita pasti akan sampai di batas. Tak ada waktu lagi untuk menganggap diri kita paling benar dan paling suci.  Sekarang waktunya menyiapkan pertanggungjawaban terhadap tugas-tugas khilafa yang kita emban.
..
Makassar, 11 Ramadan
#LaHabE'
#PesantrenHati
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo bergabung disini.... boleh berkomentar... asal sopan dan intelek, humoris, serta dapat menambah wawasan dan persaudaraan