Rabu, 28 September 2011

FILOSOFI, itu apa??????

Filsafat, terutama Filsafat barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke 7 S.M.. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai memikirkan dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka dan tidak menggantungkan diri kepada [agama] lagi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.


Orang Yunani pertama yang bisa diberi gelar filsuf ialah Thales dari Mileta, sekarang di pesisir barat Turki. Tetapi filsuf-filsuf Yunani yang terbesar tentu saja ialah: SokratesPlato dan Aristoteles. Sokrates adalah guru Plato sedangkan Aristoteles adalah murid Plato. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sejarah filsafat tidak lain hanyalah “Komentar-komentar karya Plato belaka”. Hal ini menunjukkan pengaruh Plato yang sangat besar pada sejarah filsafat. Buku karangan plato yg terkenal adalah berjudul "etika, republik, apologi, phaedo, dan krito".
 
Pengertian Filosofi
Filosofi adalah studi mengenai kebijaksanaan, dasar-dasar pengetahuan, dan proses yang digunakan untuk mengembangkan dan merancang pandangan mengenai suatu kehidupan. Filosofi memberi pandangan dan menyatakan secara tidak langsung mengenai sistem kenyakinan dan kepercayaan. Setiap filosofi individu akan dikembangkan dan akan mempengaruhi prilaku dan sikap individu tersebut. Seseorang akan mengembangkan filosofinya melalui belajar dari hubungan interpersona, pengalaman pendidikan formal dan informal, keagamaan, budaya dan lingkungannya.
 
Pengertian Konsep
Konsep dapat disebut juga ide-ide, yaitu kesan – kesan yang abstrak dari lingkungan yang diorganisir melalui symbol – symbol yang nyata. Konsep – konsep mengenai obyek – obyek, sifat – sifat dan kejadian – kejadian serta yang berhubungan diantaranya. Kumpulan konsep – konsep akan menyusun kerangka konseptual atau model.
Pengertian Teori
Teori adalah sekelompok konsep - konsep yang membentuk sebuah pola yang nyata. Teori adalah pernyataan yang menjelaskan atau mencirikan suatu proses, peristiwa atau kejadian, dengan didasari oleh fakta – fakta yang telah diobservasi tetapi kurang absolut atau bukti langsung. Teori terdiri dari konsep – konsep yang menggambarkan urutan – urutan dari suatu kejadian. Teori dapat diuji, dirubah atau digunakan sebagai petunjuk untuk penelitian atau dapat digunakan sebagai dasar untuk evaluasi.
 
Pengertian Proses 
Proses adalah suatu tahap – tahap untuk melaksanakan tindakan – tindakan dari kerangka kerja konseptual atau suatu teori untuk mencapai suatu tujuan. Dalam tahapan – tahapan tersebut harus dipilih teknis yang sistematis dan dilaksanakan berdasarkan pengkajian yang telah dilaksanakan, kemudian dilaksanakan umpan balik dari tindakan yang telah dilaksanakan. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo bergabung disini.... boleh berkomentar... asal sopan dan intelek, humoris, serta dapat menambah wawasan dan persaudaraan