Selasa, 30 November 2010

siapakah pemilik kebenaran?

siapakah pemilik kebenaran? Terlalu banyak orang menganggap dirinya paling hebat dan cenderung mengklaim metode pengukurannya paling benar dan yang lain ilegal . Dimanakan kearifan seorang cendekia...

Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu pada diri manusia yang merupakan anugerah Allah SWT. Rasa ingin tahu tersebut dinyatakan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan maupun permasalahan-permasalahan yang memerlukan jawaban atau pemecahan, sehingga akan diperoleh pengetahuan baru yang dianggap benar. Pengetahuan baru yang benar tersebut merupakan pengetahuan yang dapat diterima oleh akal sehat dan berdasarkan fakta.

Dengan adanya ilmu pengetahuan ini, manusia akan memiliki pengetahuan yang lebih bila dia dengan sungguh-sungguh mempelajarinya dan akan menjadi manusia modern dengan ilmu yang lebih luas. Ilmu pengetahuan ini juga akan mampu mengubah pola pikir manusia terhadap apa yang dia ingin tahu dan akan dengan mudah menyelesaikan masalah yang ada dengan berpikir dan berusaha sesuai dengan masalah yang dihadapi. Dengan bekal ilmu pengetahuan seperti itu, manusia mungkin juga akan mampu menciptakan ilmu-ilmu baru yang belum ada sebelumnya, atau mengembangkan ilmu-ilmu itu ke konteks yang lebih dalam lagi sehingga akan memberi pengaruh pada kemajuan dan kehidupan manusia kelak agar tidak menjadi manusia yang bodoh tetapi akan menjadi manusia yang memiliki pola pikir yang kritis terhadap apa yang diperoleh dan dihadapi. 

Akan tetapi terkadang terjadi debat dan klaim kebenarain terkait dengan metode yang digunakan untuk kebenaran ilmiah. Padahal kalau dicermati Metodologi adalah suatu urutan kesatuan dari berbagai macam pelaksanaan (penyusunan materi, pengkodean, pendokumentasian, pendiagraman, dll) yang akhirnya akan menghasilkan suatu kebenaran. Jadi, metode itu tidak mesti dimonopoli oleh para guru besar atau siapa saja hanya untuk mempertahankan ego ilmiahnya.

Pengetahuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah ilmu menurut dunia modern, yaitu ilmu sebagai pengetahuan yang dibina di atas dasar penyelidikan (riset) dan percobaan (eksperimen), dimana perumusannya dilakukan menurut pemikiran dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah. Seperti ilmu-ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran dan ilmu-ilmu lainnya.

Dengan demikian maka yang dimaksud dengan Metodologi Pengetahuan Ilmiah adalah suatu urutan kesatuan atau cara yang digunakan untuk mendapatkan suatu ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah. Di mana ilmu pengetahuan ini nanti akan berguna bagi kehidupan manusia di waktu yang akan datang dan dapat selalu berkembang ke arah yang lebih baik sebagaimana syarat/sifat suatu ilmu pengetahuan. 

Waduh... capek deh. Kalau ngomong ilmiah terus maka dunia menjadi sangat kaku. Biarkan nalar kita terus bekerja, mengolah jalan deduktif ke induktif dan sebaliknya. Kita masih punya panca Inderawi untuk mendapatkan banyak pengetahuan. Juga kita masih berhak membebaskan intuisi tanpa harus menyeberangi jalan deduktif-induktif, karena intuisi bebas dan "tiba-tiba'. Intuisi merupakan suatu kebutuhan, karena tidak semua masalah dapat dijelaskan hanya dengan logika

Apakah kita masih harus dipenjara oleh hukum ilmu Sifat-sifat suatu ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut :

  1. Berdiri secara satu kesatuan
  2. Tersusun secara sistematis.
  3. Ada dasar pembenarannya (ada penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan disertai sebab-sebabnya yang meliputi fakta dan data).
  4.  Mendapat legalitas bahwa ilmu tersebut hasil pengkajian atau riset
  5. Communicable, ilmu dapat ditransfer kepada orang lain sehingga dapat dimengerti dan dipahami maknanya
  6. Universal, ilmu tidak terbatas ruang dan waktu sehingga dapat berlaku di mana saja dan kapan saja di seluruh alam semesta ini
  7. Berkembang, ilmu sebaiknya mampu mendorong pengetahuan-pengatahuan dan penemuan-penemuan baru. Sehingga, manusia mampu menciptakan pemikiran-pemikiran yang lebih berkembang dari sebelumnya.

Dan hanya point ke-7 yang penting saya garis bawahi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo bergabung disini.... boleh berkomentar... asal sopan dan intelek, humoris, serta dapat menambah wawasan dan persaudaraan