Minggu, 15 Agustus 2010

LANGKAH SUKSES JURNALIS

Making a true decision means committing to achieving a result, and then cutting yourself off from any other possibility.” Tony Robbins

Keputusan merupakan langkah pertama menuju sukses di bidang jurnalistik. Jika Anda ragu dengan dunia jurnalistik, dunia media, dunia wartawan dunia radio, televisi, surat kabar dan online, Anda jangan coba-coba terjun. Penderitaan menunggu Anda jika tidak ada keputusan mengenai risiko dan keuntungan masuk dunia media massa.

Banyak diantara rekan yang belum mengambil keputusan mantap memasuki dunia ini sehingga di tengah jalan mundur. Tidak cocok untuk saya, lalu beralih ke karir lain. Nah bagi Anda, yang ragu-ragu meski memiliki minat besar dan pengalaman banyak berkaitan dengan media, Anda harus putuskan dulu. Saya 100 persen komit di dunia jurnalistik.

Jika tidak ada keputusan tetap jangan harap Anda bisa berhasil. Anda akan menjadi bagian dari dunia massa, namun Anda berada di pinggiran. Anda tidak masuk kedalam top jurnalis di Indonesia maupun di dunia. Masih beruntung jika Anda berada di tengah-tengah antara yang memang sukses di karir ini dengan mereka yang maju mundur.

Bagi mereka yang berada di dalam lembaga media – radio, televisi, surat kabar, majalah atau online – namun masih ragu-ragu, maka tahun ini ambil keputusan, Anda mendalami seratus persen bidang Anda. Kalau Anda berkarir sudah lebih dari 3 tahun namun masih belum merasakan kemajuan secara profesional dan finansial, maka saatnya Anda mengambil keputusan. Maju seratus persen atau mundur seratus persen. Keputusan setengah hati akan berakibat penyesalan seumur hidup. Anda berada di dalam namun tidak profesional, tidak mumpuni dan tidak dapat berkembang.

Bagi mereka yang akan memasuki dunia media – sekarang peluang sangat luas – apakah masuk televisi, radio atau media cetak dan online, maka pelajari dulu sisi positifnya dan sisi kekurangannya. Hidup di media massa tidaklah glamour seperti dibayangkan. Pergulatan media massa adalah pergulatan dengan denyut masyarakat. Orang yang bekerja di media massa bagaikan lampu yang menerangi sekelilingnya. Apakah lampu Anda akan terang atau buram, tergantung bagaimana Anda mengungkapkan kreatifitas di dunia media.

Namun keputusan hendaknya bulat, tidak setengah-tengah. Anda masuk dunia jurnalistik dengan tekad bulat untuk sukses. Dan untuk mencapai sukses, Anda bersedia mempersiapkan diri dengan berbagai perangkat keahlian di bidang jurnalistik layaknya seorang prajurit di medan tempur.

http://gasa-storyofmylife.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo bergabung disini.... boleh berkomentar... asal sopan dan intelek, humoris, serta dapat menambah wawasan dan persaudaraan